Sabtu, 29 Oktober 2011

Suzuki New Shogun

Suzuki New Shogun




gambar : Suzuki.co.id




Sejak pertama kali keluar New Shogun jarang diperbincangkan, tapi produk Suzuki yang satu ini sebenarnya layak untuk diperbincangkan.
New Shogun sudah banyak perbedaan yang ditonjolkan dari pada pendahulunya, yaitu shogun yang lama.

Misanya perubahan pada dua sector, tabung sokbreker depan dan sudut valve pada mesin.
Tabung sokbreker depan yang mengingatkan kita akan suspensi upside down. Optimis, para pengguna Shogun 125 yang bermain di road race tidak akan lagi memakai produk Suzuki Satria 120R namun tetap mempertahankan aslinya, New Shogun 125R. Fork slider dengan volume yang lebih besar membuatnya lebih mumpuni dibandingkan generasi pendahulunya.

Lalu, sudut valve dibuat lebih sempit ini memungkinkan penggunaan valve yang lebih besar. Kemudian dipasangnya engine balancer yang mereduksi getaran.
Mengenai ergonomic, tren setang kemudi lebih pendek juga diterapkan pada New Shogun 125R memungkinkan maneuver yang lebih tajam.
New Shogun 125 sendiri dirilis dalam tiga varian yaitu: New Shogun 125R, kemudian RR (double R), dan terakhir SP. Varian pertamalah yang dijajaki kemampuannya menerobos belantara nusantara.

Versi double RR, merupakan versi velg racing versi R. Tidak itu saja, rem depan diameter besar dan rem belakang sudah cakram hidrolik single piston dari Nissin, produsen brake terkemuka asal Jepang. Persis yang ada pada FU 150. Nissin sendiri secara dunia, kelasnya di bawah Brembo, Brembo yang asli lho…
Versi ini jawaban atas dua tantangan yang disodorkan oleh AHM, yaitu Supra X125R (velg CW dari Enkei) dan Supra X125DD, Double Disc, rem belakang cakram. Kopling manual tidak semua orang suka, terlebih ABG yang gelagapan bila tarik-lepas tuas kopling tidak senada-seirama dengan putaran gas.

Belakangan, AHM bakal merilis velg racing dengan cakram belakang. Ah. . tampilan masih sporty, Shogun karena dimensi cakram depan lebih besar.
Sedangkan SP, seperti pendahulunya ditujukan bagi penikmat akselerasi spontan, velg dan brake seperti yang dianut RR hanya saja sudah dilengkapi kopling manual, perpindahan gigi 1-N-2-3-4, dan sok breker belakang versi heavy duty, yang mampu menahan redaman lebih baik dari standar. Dengan memberlakukan secara benar, maka dijamin konsumsi bensin akan lebih irit terlebih ada teknologi terobosan dari Suzuki. Satu nilai lebih dari SP (Sport Production) dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah dilengkapi dengan tombol electric starter.

Sejak awal dirilis tahun 2003 akhir, Shogun 125 dihajar habis-habisan oleh competitor terutama soal konsumsi bahan bakar. Supra X125 merupakan revisi dari Karisma X yang juga pembaruan dari Karisma yang berbodi bohay. Ketiganya sudah dilengkapi teknologi pengirit bahan bakar, jadi angka yang biasa ditembus bebek 100 cc bisa dilampauinya. Hebat bukan kecanggihan akan teknologi?
Kemudian ada lagi Kawasaki ZX 130, motor yang berbagasi paling lapang ini juga telah dilengkapi kelengkapan Supra X125 yaitu Throttle Positioning Sensor. Begitu pula BBB dari Yamaha, yang ini Bukan Bebek Biasa Jupiter MX135 pun menganut teknologi yang sama.

Alhasil, pengguna Shogun selain dirasa berat (umumnya orang membandingkan dengan New Shogun) juga konsumsi bahan bakar yang amat-sangat boros.
Kemudahan lainnya adalah estetika panel body sebelah kanan yang biasanya diganggu dengan lubang kunci jok ditiadakan. Lalu? Kunci jok cukup diakses lewat kunci kontak. Mengingatkan akan skuter matik.

Nilai minusnya?
Tidak lagi dilengkapi dengan speedometer digital. Meski sekarang panel instrument lebih informative (indicator sein kiri dan kanan kini terpisah) dengan desain menawan Mungkin tak banyak yang menyangka bila selama ini Shogun 125 mempergunakan speedo digital, jarumnya saja yang berbentuk analog sedangkan sejatinya mempergunakan sensor yang dikonversi menjadi analog lagi. Fungsi digital lainnya yaitu tripmeter (pengukur jarak) dan indicator bahan bakar yang berupa logo bar (batang).
Source : kafemotor.wordpress.com


DIMENSI
Panjang Keseluruhan mm 1.905
Lebar Keseluruhan mm 715
Tinggi Keseluruhan mm 1.075
Jarak Antara As Roda mm 1.220
Jarak Mesin ke Tanah mm 135
Berat Kendaraan kg 108
Tinggi Tempat Duduk mm 770

MESIN


Jenis 4 langkah, SOHC
Sistem Pendingin Pendingin Udara
Jumlah Silinder 1 (satu)
Diameter Silinder 53,5 mm
Langkah Piston 55,2 mm
Kapasitas Silinder 124 cc
Nilai Kompresi 11 - 12 Kg/cm2
Daya Maksimum 10,0 Ps/8.000 rpm
Torsi Maksimum 0,98 Kg.m . 6.000 rpm
Karburator MIKUNI VM 18 - 264
Saringan Udara Elemen Kertas
Sistem Starter Listrik dan engkol

TRANSMISI

Kopling
Transmisi 4 Percepatan, rotari
Arah Perpindahan Gigi Ke bawah
Rantai Penggerak Depan NT 14, Belakang NT 35

RANGKA

Rangka Under bone
Suspensi Depan Teleskopik, per spiral, peredam oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, per spiral, peredam oli1,9 m
Sudut Putar Cakram, hidrolis N290
Rem DepanRem Belakang Cakram, hidrolis N220
Ukuran Ban Depan 70/90-17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 M/C 44P


SISTEM LISTRIK

Sistem Pengapian Suzuki DC-CDI (DIGITAL)
Busi NGK C6HSA/ ND U20FS-U
Accu 12 V (3,5 Ah)/10 HR7,0 L
Kapasitas :
Utility Box 7,0 L
Tangki Bahan Bakar 4,3 L
Tangki Oli Mesin 1000 m

Ban (Tyres)

Ban (Tyres)


Ban merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dari bagian pembentuk suatu kendaraan. Terutama kendaraan yang melaju di darat. Ban terbagi atas 2 jenis, 2 tipe, memiliki banyak ukuran, dan memiliki fungsi yang berbeda.
Kedua jenis ban tersebut adalah ban bias dan ban radial . Masing-masing memiliki kode tersendiri, seperti R untuk radial. Selain jenis, ada dua tipe, yaitu tube type dan tubeless type. Tube type merupakan tipe ban yang memerlukan ban dalam, sedangkan tubeless type tidak memerlukan ban dalam. Dari dua tipe tersebut, jelas bahwa rancangan keduanya berbeda.
Selain tipe ban, bahan ban yang digunakan juga dibedakan sesuai dengan fungsi atau kondisi jalan yang akan dilalui. Untuk membedakannya, cukup dilihat dari kamus yang tertera pada ban tersebut. Misalkan M + S, memiliki arti bahwa ban tersebut baik digunakan pada mud + snow (lumpur + salju), diluar itu maka ban tidak akan berfungsi dengan maksimal.
Berikut gambar letak kamus ban berada : (gambar diambil dari milkywan.co.cc)
Ukuran ban dinyatakan dengan 90/90 R-17, artinya ban memiliki lebar 90 mm dengan ketebalan 90% dari lebar ban bertipe radial dengan velg ukuran 17 inchi.
Beban maksimal dan batas kecepatan ban dinyatakan dengan 62 P. Artinya ban tersebut dapat mengangkut beban dengan berat maksimum 265 Kg dengan batas kecepatan maksimum 150 km/jam.
Tipe ban biasanya dinyatakan dengan tulisan langsung, demikian pula dengan bahan yang digunakan (tidak semua ban mencantumkan tipe bahan yang digunakan), seperti Tube Type dan Sumirubber. Kode fungsi ban biasanya dinyatakan dengan kode seperti A/T, M + S, M, dan lain-lain. Tetapi ada juga yang langsung disebut seperti road use only. 8 PLY Rating, merupakan angka kesetaraan bahan-bahan penyusun ban. Selain tulisan tersebut, ditemukan juga deretan angka seperti 352011, artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke 35 tahun 2011.
Berikut ini adalah kode kecepatan atau batas kecepatan penggunaan ban, yaitu :
P = 150 km/jam; Q = 160 km/jam; R = 170 km/jam; S = 180 km/jam; T = 190 km/jam; H = 210 km/jam; V = 240 km/jam; W = 270 km/jam; dan Y = >300 km/jam.
Kode Beban maksimalnya sebagai berikut :
62 = 265 Kg; 63 = 272 Kg; 64 = 280 Kg; 66 = 300 Kg; 68 = Kg; 70 = 335 Kg; 73 = 365 Kg; 75 = 387 Kg; 80 – 89 = 450 – 580 Kg; dan 90 – 100 = 600 – 800 Kg.

Knalpot Modifikasi

Knalpot


Memodifikasi knalpot merupakan salah satu pilihan untuk menaikkan performa kendaraan. Dengan melakukan perubahan tersebut diharapkan knalpot dapat menyalurkan gas buang dengan lancar dan menimbulkan efek sedot pada ruang bakar kendaraan sehingga efisiensi volumetrik meningkat.
Di negara ini, memodifikasi knalpot agar menghasilkan performa kendaraan yang diinginkan, sangat diminati oleh kalangan pengguna kendaraan bermotor. Dengan berbagai alasan mereka merubah knalpot standar kendaraan mereka, untuk mendapatkan performa kendaraan yang diinginkan. Namun sayang, mereka tidak peduli dengan efek suara yang ditimbulkan.
Knalpot berfungsi sebagai saluran buang pada mesin kendaraan. Disamping itu, knalpot  memiliki fungsi yang lain yaitu meredam efek suara yang dihasilkan dari perbedaan tekanan gas di dalam ruang bakar dengan tekanan gas di alam bebas. Fungsi peredam inilah yang sering disepelekan oleh para pengguna kendaraan bermotor yang memodifikasi knalpot kendaraannya.
Knalpot didesain oleh pabrikannya berdasarkan karakter kendaraan yang disesuaikan dengan peruntukkannya. Knalpot bawaan pabrik ini, mengeluarkan suara yang telah disesuaikan dengan standar tingkat kebisingan yang telah disepakati bersama. Misalkan untuk negara-negara Eropa, pabrikan kendaraan bermotor harus menyesuaikan tingkat kebisingan suara knalpot kendaraan pabrikannya dengan standar EURO. Demikian pula di negara-negara lain, masing-masing memiliki standar tingkat kebisingan suara knalpot kendaraan di negaranya.
Walaupun demikian perubahan yang dilakukan pada knalpot kendaraan hanya mampu menaikkan daya kendaraan tersebut tidak lebih dari 30% dari daya semula. Selain itu, suara yang dihasilkan menambah polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.
Memang suatu hal kontras ketika knalpot kendaraan yang kapasitas cc besar didesain agar mengeluarkan suara yang halus dan tidak memekakan telinga, malah kendaraan kapasitas cc kecil dirubah knalpotnya agar menghasilkan suara yang memekakan telinga dan dipakai untuk sehari-hari.
Bukan tidak boleh memodif knalpot kendaraan anda, namun ingatlah orang lain yang terganggu dengan suara knalpot kendaraan anda.

Kendaraan Pun Berkarakter

Kendaraan Pun Berkarakter


Setiap kendaraan memiliki karakter masing-masing. Kendaraan tersebut dibuat dengan pembawaan karakter yang berbeda mulai dari mesin sampai dengan kenyamanan bagi pengisi kendaraan tersebut. Karakter tersebut muncul akibat dari desain kendaraan yang akan dipabrikasi, namun ada hal lain yang ikut dalam pembentukan karakter kendaraan tersebut, yakni proses pabrikasi dan pengguna kendaraaan tersebut.
Dari ketiga faktor di atas, tetap desain kendaraan yang menentukan sebagian besar karakteristik kendaraan tersebut. Hal ini dikarenakan para pendesain kendaraan mendesain kendaraan pasti memiliki suatu tujuan dan peruntukkan kendaraan tersebut dibuat. Misal kendaraan kompetisi, tidak selalu didesain untuk kecepatan tinggi, tergantung kompetisi apa yang akan dihadapi. Jika kompetisi itu berupa Rock Crawling (Panjat Batu), tidaklah mungkin kendaraan tersebut didesain dengan suspensi yang rendah, berpenggerak dua roda, berkecepatan tinggi, dan sebagainya.
Pabrikasi, penulis masukkan menjadi salah satu faktor penentu karakteristik kendaraan dikarenakan ketika proses pabrikasi berlangsung kesalahan selalu dan pasti terjadi walau sangat minim. Misal pada proses casting (pembentukan) material dilakukan dengan sempurna, belum tentu pada saat perakitan. Atau material tersebut harusnya memiliki permukaan yang halus, karena pada prosesnya terjadi suatu kesalahan yang tidak signifikan, permukaan material tersebut sedikit kasar, yang barang tentu akan menghambat aliran udara, khususnya pada mesin.
Yang terakhir penulis masukkan adalah pengguna kendaraan tersebut. Pengguna dapat memberikan konstribusi dari karakteristik kendaraannya. Pengguna kendaraan pasti menginginkan kendaraan yang sesuai dengan keinginannya, mulai dari setingan mesin sampai dengan kaca spion. Setingan yang pengguna inginkan itu sedikitnya merubah karakteristik kendaraan tersebut, bisa saja dari akselerasi, kenyamanan berkendara dan lain sebagainya. Walaupun demikian, perubahan karakteristik tersebut tidaklah sebesar konstribusi dari desain kendaraan tersebut.
Percayakah anda bahwa setiap kendaraan memiliki karakter masing-masing?

CC Besar Tidak Selalu Boros

CC Besar Tidak Selalu Boros


Seiring perkembangan teknologi otomotif dunia dengan semakin menipisnya persediaan minyak mentah (bahan bakar fosil), penelitian- penelitian dilakukan di berbagai penjuru dunia. Pencarian bahan bakar alternatif mulai mereka (teknokrat) lakukan demi kemajuan teknologi automotif.
Selain pencarian bahan bakar alternatif, penelitian-penelitian juga mereka lakukan pada mesin kendaraan. Salah satunya adalah mobil yang dikembangkan oleh Renault dengan ukuran sekitar 1.000 cc diklaim mampu menempuh jarak sampai sekitar 120 km/liter, kendaraan ini masih menggunakan bahan bakar fosil yaitu solar. Di kendaraan roda dua, motor pabrikan Triumph menggunakan bahan bakar solar dengan kapasitas mesin 600 cc diklaim mampu menempuh jarak 98 km/liter.
Dengan penggunaan teknologi , penggunaan mesin berkapasitas besar tidak lagi menjadikan bahwa kendaraan tersebut boros bahan bakar. Salah satunya dengan menggunakan teknologi “injection” dan komputerisasi pada mesin-mesin kendaraan . Penggunaan komputer pada mesin-mesin tersebut, menjadikan kinerja mesin menjadi efektif dengan penggunaan bahan bakar yang efisien. Contohnya jika kita melakukan perjalanan dari Bandung ke Jakarta dengan menggunakan mobil bermesin diesel berkapasitas 2.500 cc, paling tidak kita akan menghabiskan bahan bakar sekitar 25 – 30 liter (penulis menggunakan Chevrolet Trooper tahun 1986). Namun sekarang, dengan menggunakan mobil yang berbeda, kita menghabiskan bahan bakar sekitar 15-25 liter (penulis menggunakan Toyota Innova diesel tahun 2004).
Walaupun penggunaan “injection” pada mesin telah lama diterapkan, namun penggunaannya masih secara mekanik (belum menggunakan komputer), sehingga pengaturan jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar kurang efisien. Dengan penggunaan komputer maka bahan bakar tersebut diatur sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut.
Karena kemajuan teknologi ini, mitos bahwa “mesin kapasitas besar adalah pemborosan bahan bakar”. Walau tidak sepenuhnya benar, pernyataan itu sering kita dengar. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat (pen).

DOHC

DOHC


DOHC (Double Overhead Camshaft) merupakan salah satu teknologi valve lifting atau mekanisme katup. Sesuai dengan namanya, teknologi ini menggunakan dua buah noken as (camshaft). Masing-masing noken as memiliki fungsi yang berbeda, dimana salah satu noken berfungsi untuk katup isap dan yang lainnya untuk katup buang.
Biasanya, DOHC memiliki 4 buah katup yaitu 2 buah katup isap dan 2 buah katup buang. Namun, ada juga yang memiliki 2 buah katup isap dan 1 buah katup buang.
Yang namanya teknologi, pasti selalu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Salah satu keunggulan mekanisme ini adalah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar lebih banyak dari pada rivalnya, yaitu SOHC.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh DOHC adalah memiliki akselerasi (percepatan) yang lebih tinggi ketimbang SOHC.  Tapi tidak lepas dari kekurangan atau kelemahan yang pasti dan selalu dimiliki oleh suatu teknologi. Kelemahan yang paling mendasar dari DOHC ini adalah biaya yang tentunya lebih mahal dari pada SOHC. Jika pada SOHC cukup dengan mengganti satu noken as, sesuai dengan namanya DOHC membutuhkan dua noken as yang memiliki kondisi yang tidak berbeda.
Selain itu, DOHC juga memiliki tiga buah gigi simetris (sentris) dengan rasio 2:1:1, sedangkan SOHC hanya memiliki dua buah gigi sentris dengan rasio 2:1. 2:1 artinya dua putaran kruk as (crabkshaft) sebanding dengan satu putaran noken as (camshaft).
Pada penggunaannya, DOHC maupun SOHC pun sama saja. Ada yang dibantu dengan mekanisme pelatuk (rocker arm), ada pula yang langsung memukul kepala katup.

SOHC

SOHC


SOHC kata yang mungkin jarang didengar namun sering kita temukan pada kendaraan-kendaraan 4 tak, baik roda dua atau lebih. SOHC merupakan kependekkan dari single overhead camshaft atau satu buah poros kem (noken as).
Sesuai dengan namanya, teknologi ini hanya menggunakan satu buah poros kem (noken as) yang disimpan di kepala silinder (cylinder head). Dalam penggunaannya, komponen ini ada yang dilengkapi dengan pelatuk (rocker arm), ada juga yang langsung memukul katup (klep/valve).
SOHC merupakan teknologi pengembangan dari OHV (Overhead Valve). Dasar dari peralihan ini adalah untuk memperkecil kesalahan pengaturan waktu pembukaan dan penutupan klep (valve). Pada OHV, noken as terletak di blok silinder, bertugas menyodok batang penggerak (push rod) sehingga menggerakkan pelatuk untuk menekan/memukul kepala klep. Secara kasat mata, kesalahan ini tidak akan terlihat jelas. Disadari atau tidak, proses ini memerlukan waktu yang lebih lama dari pada penggunaan OHC.
SOHC ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah kompresi yang dihasilkan lebih tinggi. Mengapa demikian?
Pada umumnya SOHC memiliki dua katup, yaitu katup hisap dan katup buang. Katup-katup ini dikunci pada kepala silinder menggunakan mekanisme pegas. Permukaan yang bersinggungan antara katup dan kepala silinder adalah logam. Sehingga masih akan terjadi kebocoran, walaupun hanya sedikit dan dapat diabaikan. Karena hanya memiliki dua katup, maka kebocoran yang terjadi tidak sebanyak sistem yang memiliki tiga atau empat katup. Oleh sebab itulah, sistem SOHC ini memiliki kompresi yang tinggi.
Setiap yang memiliki kelebihan tentunya ada kekurangan. Kekurangan sistem ini yaitu akselerasinya relatif lambat. Mengapa demikian ?
Kompresi yang tinggi memerlukan tenaga yang cukup tinggi pula. Daya yang digunakan pun cukup besar untuk mendorong piston menuju titik mati atas (langkah kompresi). Oleh sebab itulah SOHC ini relatif memiliki akselerasi yang relatif lambat dibanding dengan rivalnya yaitu DOHC.
Bicara mengenai tenaga yang dihasilkan oleh SOHC maupun rivalnya tidak akan terlalu jauh, karena yang menentukan besarnya tenaga yang dihasilkan adalah besar kapasitas mesin (cc) dan mekanisme penerus daya (kopeling) dari mesin ke roda.

Kopeling

Kopeling


Kopeling (coupling) atau kopling merupakan satu nama yang tak asing didengar. Namun apa sebenarnya kopeling itu ?
Kopeling atau kopling adalah alat yang berfungsi untuk memindahkan daya. Dengan kata lain kopeling adalah penyalur daya. Maka ada dua komponen yang dihubungkan dengan alat ini, yaitu penghasil daya dan komponen yang memerlukan daya (persnelling, transmisi, roda).
Pada umumnya kopeling terbagi atas dua jenis, yaitu kopeling basah dan kopeling kering. Di samping adalah salah satu contoh kopeling kering.
Kopeling tipe ini merupakan kopeling yang memiliki kemampuan untuk memindahkan daya yang besar. Biasanya digunakan pada kendaraan roda empat atau lebih dengan transmisi manual.
Selanjutnya kita beralih pada kopling basah. Kopling tipe ini biasanya digunakan pada kendaraan roda dua dan memiliki kemampuan memindahkan daya tidak sebesar kopeling di atas.
Di samping merupakan gambar kopeling pada kendaraan roda dua.
Kedua tipe kopeling yang telah diutarakan tadi memiliki kesamaan, yaitu digunakan pada kendaraan yang bertransmisi manual, keduanya memiliki pegas dan pelat. Namun kopeling yang ke dua ini digunakan pula pada kendaraan roda dua semi otomatis (misal motor bebek).
Kopeling tipe ini berfungsi menghubungkan dan memutus daya dari mesin ke transmisi atau persnelling.
Berikutnya adalah kopeling otomatis. Kopeling ini bekerja dengan memanfaatkan putaran mesin pada pengoperasiannya (penghubung atau pemutus daya). Ketika motor di gas, maka putaran mesin meninggi mengakibatkan kanvas yang berada di dalam mangkuk akan membuka dan menggerakkan poros yang menempel pada mangkuk tadi. Dalam keadaan ini maka kopeling bekerja menghubungkan daya dari transmisi ke roda. Sedang ketika keadaan mesin idle, kanvas yang berada di dalam mangkuk itu menutup dan kopeling dalam kondisi memutus daya.
Setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat, manual maupun otomatis, akan selalu memiliki kopeling, sesuai dengan fungsinya yaitu pemindah atau penyalur daya.

Supercharger Vs. Turbocharger

Supercharger Vs. Turbocharger


Di dunia otomotif istilah keduanya sudah tidak asing lagi, memiliki fungsi yang sama tetapi dengan ciri khas masing-masing. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Supercharger menggunakan putaran mesin untuk mengoperasikannya. Supercharger dapat beroperasi pada putaran rendah dan terbatas oleh putaran maksimal mesin kendaraan, sehingga tidak perlu khawatir gejala “turbo lag” dan memiliki sistem pelumasan tersendiri.
Akan tetapi, dibalik kelebihan yang dimiliki, supercharger ini mengambil tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan untuk membangkitkan tenaga yang lebih besar lagi, sehingga mau tidak mau pemakaian bahan bakar akan sedikit bertambah.
Supercharger ini hanya memiliki satu turbin saja, yaitu turbin kompresor, yang berfungsi untuk memompakan udara ke ruang bakar mesin kendaraan. Poros (shaft) hanya mempunyai satu turbin dan dipasangi pulley sebagai alat penggeraknya. Supercharger tidak memiliki klep buang untuk membuang udara yang dikompresikan.
Lain halnya dengan turbocharger. Perangkat ini mulai beroperasi pada putaran sekitar 3.000 rpm. Jika pada supercharger menggunakan putaran mesin, turbocharger menggunakan tenaga gas buang untuk mengoperasikannya. Sehingga tidak membebani mesin, dampaknya akan mengefisienkan penggunaan bahan bakar.
Turbocharger memiliki dua buah turbin yang saling berbagi poros (shaft), putaran yang dihasilkan pada turbin gas buang (exhaust) akan diteruskan pada turbin kompresor dan memiliki putaran yang sama. Turbin pada turbocharger dapat berputar di atas 15.000 rpm (putaran yang sangat tinggi) yang diakibatkan oleh tenaga gas buang yang menggerakkan turbin. Hal tersebut dapat terjadi karena poros yang dimiliki oleh turbocharger adalah poros bebas (dalam artian tidak terhubung dengan perangkat lain di luar turbocharger itu sendiri).
Dengan putaran yang sangat tinggi tersebut, otomatis udara yang terkompresikan akan banyak pula, tekanannya pun tinggi. Jika tidak terbendung lagi maka akan merusak saluran hisap mesin kendaraan, dan dapat menghancurkan saluran hisap tersebut (intake manifold, rumah keong). Oleh sebab itu, maka pada turbocharger dibuat saluran buang (klep buang).
Turbocharger menggunakan pelumasan dari mesin kendaraan, sehingga mengharuskan pemiliknya untuk sering mengganti pelumas mesin tersebut agar terhindar dari turbo lag.

Menambah Daya Tanpa Bore Up

Menambah Daya Tanpa Bore Up

Bore up adalah teknik menambah kapasitas kendaraan dengan memperbesar diameter piston (seher) yang digunakan. Secara otomatis, boring pada silinder blok pun akan diperbesar supaya bisa muat.
Secara teknis, boring standar yang digunakan pada setiap kendaraan roda dua memiliki limit (batas) kemampuan untuk di korter. Rata- rata mencapai oversize 100, sekitar 1 mm dari ukuran semula. Jika diperbesar lebih dari itu, maka pabrikan kendaraan roda dua tersebut tidak menjamin keamanan pada komponen tersebut. Semakin besar piston yang digunakan maka boring semakin tipis, dan dikhawatirkan akan pecah karena tidak dapat menahan tekanan yang dihasilkan.
Bagaimana jika kita ingin menambah daya tanpa bore up ?
Selain cara tersebut, kita dapat meningkatkan daya motor dengan cara stroke up (over stroke), yaitu memperpanjang langkah piston di dalam silinder blok.
Dengan kedua cara tadi, kapasitas mesin kendaraan pasti akan bertambah. Dan penambahan daya didapat dari penambahan kapasitas mesin kendaraan tersebut.
Selain kedua cara di atas, meningkatkan daya motor dapat dilakukan dengan cara memperhalus atau memperlancar pasokan bahan bakar ke dalam ruang bakar, yaitu dengan mengurangi efek kulit jeruk pada saluran hisap silinder kop (4-tak) atau memperbesar hisapan pada motor 2-tak. Dengan demikian efisiensi volumetrik akan meningkat, daya motor yang dihasilkan akan meningkat akibat dari pembakaran yang lebih baik dari sebelumnya.
Cara yang satu ini tidak akan meningkatkan kapasitas mesin kendaraan anda. Akan tetapi, cara tersebut dapat menjadikan kendaraan anda menjadi tidak bertenaga. Kenapa demikian?
Hal ini terjadi jika terjadi salah perhitungan yang mengakibatkan saluran hisap menjadi terlalu besar. Jika saluran hisap terlalu besar, maka jumlah pasokan bahan bakar ke dalam mesin tidak sesuai dengan kebutuhan, berakibat tidak sempurnanya pembakaran yang terjadi. Itulah yang menyebabkan kendaraan anda tidak bertenaga.
Jika anda memperlancar pasokan bahan bakar, pastikan anda juga memperlancar saluran gas buang. Pengeluaran gas buang pada mesin kendaraan yang terjadi tidak mencapai seratus persen, atau seluruhnya. Dengan memperlancar saluran ini, diharapkan gas buang yang dikeluarkan akan semakin banyak dari sebelumnya. Semakin banyak gas yang dibuang bukan berarti semakin pekat asapnya, melainkan jumlah gas yang dibuang dari dalam ruang bakar bertambah, bukan menambah kepekatan gas yang dihasilkan. Hal ini harus dilakukan agar pasokan dan pengeluaran menjadi seimbang.
Atau jika anda ingin lebih baik lagi meningkatkan daya motor kendaraan roda dua anda, maka anda harus menyerahkan kepada yang lebih ahli lagi untuk dihitung ulang rancangan mesin motor anda. Dengan cara ini otomatis anda akan mengeluarkan biaya yang pastinya lebih mahal lagi, namun hasilnya pasti akan memuaskan anda.

Accumulator/AKI

Accumulator

Accumulator atau yang lebih dikenal dengan aki, merupakan salah satu jenis baterai dengan kapasitas daya yang cukup besar (tergantung ukuran voltase dan ampere). Saat ini, terdapat dua jenis aki yang beredar di pasaran, yakni aki basah dan aki kering.
Aki basah merupakan aki konvensional yang menggunakan timbal sebagai sel dengan menggunakan asam sulfat (H2SO4) sebagai pereaksinya. Aki ini sering ditemukan pada kendaraan roda dua, roda empat atau lebih terutama pada kendaraan yang sudah berumur (tua).
Aki ini memiliki 6 (enam) buah sel untuk aki bervoltase 12 (dua belas) dan 3 (tiga) sel untuk aki bervoltase 6 (enam). Dengan kata lain setiap sel menghasilkan 2 (dua) volt. Aki tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, aki ini memiliki waktu pakai yang cukup lama (tergantung pengguna), mampu diisi dengan voltase yang besar, setelah rusak masih dapat ditukar tambah dengan yang baru (yang masih layak biasanya dapat diperbaiki). Kelemahannya, aki ini memerlukan perawatan setiap bulannya.
Aki kering, jenis yang kedua, menggunakan kalsium sebagai selnya dengan pereaksi tertentu. Seperti aki basah, aki ini juga memiliki 6 (enam) sel untuk 12 (dua belas) volt. Aki jenis ini tidak memerlukan perawatan yang intensif, karena pereaksinya tidak akan habis, melainkan uap yang dihasilkan dikembalikan ke dalam ruang sel berada. Namun, aki tipe ini harus diisi dengan voltase yang kecil sehingga aki tidak cepat rusak.
Aki kering biasanya memiliki batas pakai, misalnya 3 (tiga) tahun. Artinya aki ini lebih baik dipakai tidak lebih dari waktu yang ditentukan. Jika masih digunakan, maka tidak ada jaminan bahwa aki tersebut dapat menyimpan arus dengan baik atau bahkan sewaktu-waktu mati. Lain halnya dengan aki basah, jika masih dapat menyimpan dengan baik, aki ini masih bisa digunakan, melebihi batas waktu yang dianjurkan (tergantung perawatan dari pengguna).
Ada satu hal yang lebih penting lagi, yaitu pengisi aki tersebut. Apapun jenis aki yang digunakan, jika pengisinya berfungsi dengan baik maka akan lebih awet pula aki tersebut.

Karburator Atau Injeksi

Karburator Atau Injeksi

Karburator dan injeksi adalah alat yang digunakan dalam sistem suplai bahan bakar. Keduanya berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam suatu mesin. Tetapi terdapat perbedaan yang mendasar pada kedua alat ini.
Karburator, alat ini lebih umum diketahui pada kendaraan berbahan bakar bensin. Alat ini berfungsi mencampur bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar. Proses pencampuran bahan bakar berlangsung pada karburator itu sendiri.
Karburator bekerja berdasarkan prinsip Venturi,  sehingga semakin banyak gas yang masuk melalui karburator itu maka sedikit banyak akan mempengaruhi jumlah bahan bakar yang ikut tersedot ke dalam ruang bakar. Pada pemakaiannya, bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar sedikitnya ada yang terbuang, khususnya pada saat kendaraan berada pada jalan mendaki.
Penggunaan karburator pada kendaraan roda dua sangatlah umum, walaupun tidak hanya roda dua yang memakai alat ini, kendaraan roda empat atau lebih pun memakai alat ini untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin.
Injeksi, pada awalnya digunakan pada mesin diesel untuk menyuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar. Alat ini menggunakan sebuah pompa untuk meniupkan bahan bakar ke dalam injektor (ejector). Pada penggunaanya, mesin diesel untuk jarak jauh memiliki nilai efisiensi yang tinggi, sehingga pada akhirnya alat ini diadopsi pada mesin berbahan bakar bensin.
Pada mulanya injektor digunakan pada mesin kendaraan roda empat atau lebih. Perkembangan teknologi otomotif yang maju, sistem injeksi ini mulai diadopsi pada kendaraan roda dua.
Proses pencampuran bahan bakar dengan injektor berlangsung di dalam intake manifold atau di dalam ruang bakar mesin.
Penggunaan injeksi pada mesin berbahan bakar bensin maupun diesel telah memasuki babak baru dengan penambahan sebuah alat bersistem komputer atau sering disebut dengan ECU. Penggunaan ECU sendiri telah menambah efisiensi injeksi ini.
Kedua alat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karburator memiliki keunggulan tersendiri dimana seorang pengendara dapat mengatur (menyeting) secara manual dan tidak selalu membutuhkan teknisi khusus jika terjadi kemogokan, tetapi penggunaan bahan bakar yang jauh lebih boros dari injeksi merupakan kelemahan alat ini.
Injeksi memiliki kelebihan dalam efisiensi penggunaan bahan bakar, namun dengan penggunaan ECU, alat ini hanya bisa di set dengan menggunakan komputer sehingga memerlukan teknisi khusus. Tetapi bila tidak menggunakan ECU, alat ini pun bisa di set secara manual. Hindari sebisa mungkin kehabisan bahan bakar di jalan.

Knalpot II

Knalpot II

Sejarahnya, fungsi knalpot adalah untuk meredam hasil ledakan di ruang bakar.
Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut/gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot.
Knalpot motor pada umumnya dibagi dua jenis, yaitu knalpot motor 2 stroke/2 tak dan 4 stroke/4 tak. Pertama, mesin 2 tak hanya mengalami dua langkah dan mesin ini tidak dilengkapi dengan katup atau klep. Knalpot pada mesin tipe ini sangat berperan dalam pembakaran. Knalpot tipe ini harus menghasilkan turbulensi yang akan membantu kompresi bahan bakar di ruang bakar, yang disebabkan oleh tekanan balik ke ruang bakar hasil turbulensi tersebut. Perhitungan turbulensi udara dalam knalpot ini tidak sembarangan, memerlukan perhitungan yang tepat pada komponen lain pada mesin, seperti waktu pembakaran. Berdasarkan riset dan temuan (sekitar tahun 1950-an) ternyata knalpot dapat difungsikan sebagai penambah tenaga pada mesin 2 Tak. Pada saat itu tepatnya di Jerman ditemukan sistem Chamber (knalpot yg tengahnya gendut) kita sering lihat pada motor 2 tak (dan orang menyebutnya knalpot racing). Sebenarnya ini adalah efek turbulensi yang dibuat optimal. Oleh karena itu knalpot racing pada motor 2 tak tidak selamanya dapat meningkatkan tenaga, tetapi bila settingan karburator dan waktu pembakaran pas, maka penggantian knalpot racing dapat meningkatkan tenaga motor antara 10% hingga 30%.
Kedua, Mesin 4 Tak adalah mesin yang bekerja sebanyak empat langkah, yaitu: Hisap-Kompresi-Usaha-Buang. Letak kehebatan mesin 4 tak ini adalah katupnya, sedangkan fungsi knalpot pada jenis motor ini hanya untuk menurunkan suhu akibat kompresi. Bila banyak orang yang berkata bahwa knalpot racing dapat meningkatkan tenaga mesin itu hanyalah omong kosong. Kalaupun benar-benar naik, paling tinggi peningkatan tenaganya hanya sampai 5% itupun dikarenakan penggantian spuyer (main jet dan pilot, pemasok BBM di Karburator).
Akan tetapi, dengan desain dan hitungan yang baik dan benar dari knalpot yang tentunya harus lebih baik dari standar, tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30%. Knalpot yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan performa mesin secara optimal sering disebut high performance exhaust chamber. Rancangan knalpot ini tidak boleh melanggar ketentuan polusi suara yang diizinkan, dihitung dengan alat pengukur kebisingan.
Banyak knalpot dengan suara yang mirip dengan sepeda motor balap di pasaran dengan berbagai merk, tanpa hitungan, murah dan tanpa mengerti teknologinya, dijamin tidak akan meningkatkan performa tenaga mesin. Hanya memperbesar desibel polusi suaranya (kebisingan suara). Berhati-hatilah dalam memilih knalpot pengganti (racing racingan). Jadi sekali lagi bising bukan berarti motor jadi kenceng (mungkin hanya perasaan saja kenceng).

Menambah top speed tanpa perubahan pada motor J-Z 155cc

1. Baca buku manual J-Max dan cari tahu berapa
> bobotnya. Kemudian perhatikan berat badan anda
> sendiri. Jaga agar berat badan berada di kisaran
> 60-63
> kg. Makin berat badan anda, makin besar tenaga yang
> harus dikeluarkan mesin untuk menarik berat badan
> anda
> dan bobot motor. Ini berarti motor anda akan
> berakselerasi lebih lambat.
> 
> 2. Kurangi bobot motor anda. Caranya, anda harus
> mencari cara untuk mengganti bodi motor yang terbuat
> dari plastik dengan bodi yang berbahan serat karbon.
> Mahal, tapi dijamin ringan dan kuat. Lumayan, bobot
> motor berkurang, tarikan mesin lebih ringan,
> akselerasi lebih cepat karena bobot motor berkurang.
> 
> 3. Ban standar J-Max katrok, licin saat melakukan
> pengereman keras atau mendadak--padahal kecepatan
> motor cuma 50 km, lebih licin lagi di jalan
> basah--harus hati-hati dan pelan-pelan saat
> berkendara. Ganti dengan ban yang karetnya lebih
> bermutu. Anda bisa coba Bridgestone Battlax.
> Karetnya
> lebih lengket ke aspal dan tahan lama. Baik kondisi
> kering atau basah, Battlax memberikan kinerja yang
> memuaskan. Bahkan, ngebut di jalanan lebih kencang
> daripada Dunlop D 102--super katrok!.
> 
> 4. Bicara soal lebih cepat sekian km/jam, saya perlu
> memberitahu anda bahwa kecepatan tinggi bukan yang
> paling penting. Anda juga harus mengembangkan teknik
> berkendara anda. Di jalanan, bisa dijumpai
> segelintir
> pengendara yang motornya standar dan biasa
> saja--tanpa
> modifikasi--yang bisa membawa motornya lebih cepat
> dari motor lain yang spesifikasinya lebih baik. Ini
> terjadi karena pengedara motor ini memiliki teknik
> berkendara yang baik dibandingkan pengendara motor
> yang lainnya. Mereka tahu cara melalui jalanan yang
> baik, cara melalui tikungan yang baik dan cepat,
> cara
> mensinkronasikan putaran gas dengan perpindahan gigi
> yang tepat--sehingga tidak kehilangan putaran mesin
> terlalu banyak, tahu seberapa jauh harus merebahkan
> motor mereka, dan tahu lainnya. Yang tidak kalah
> penting, mereka juga sangat mengenal mesin motor
> mereka sendiri--tahu kemampuan motor mereka yang
> standar itu.
> 
> Akhir kata, kecepatan puncak J-Max yang pernah di
> uji
> adalah 130 km/jam, kondisi standar dengan pengendara
> penguji berbobot badan 60 kg dan tinggi 165 cm.
> Untuk
> apa anda membuat motor anda lebih cepat 20
> km/jam--150
> km/jam? Kemana anda mau bawa motor yang larinya 150
> km/jam itu? Di Sudirman oke, Hayam Wuruk oke,
> Pandjaitan oke. Di Warung Buncit bisa? Mulai dari
> pertigaan SMA 60 sampai perempatan Republika. Hebat
> betul jika bisa mencapa 150 km/jam di sana tanpa
> kehilangan nyawa. Bagaimana dengan daerah Srengseng
> Sawah? Moh. Kafi? Kukusan? dan jalanan lainnya yang
> lintasan lurusnya pendek dan sedikit tapi
> tikungannya
> banyak dan panjang.
> 
> Jalanan yang berkelak kelok selalu membunuh potensi
> besar sebuah mesin motor namun memberi kesempatan
> besar bagi seorang pengendara untuk menunjukan
> ketrampilan berkendaranya. Jadi tidak cuma jagoan
> lintasan lurus doang, begitu masuk tikungan lantas
> keok.
> Kembangkan dulu ketrampilan berkendara, baru bicara
> menambah kecepatan motor.
> 
> Salam
> 
> Todo El Cocodrilo
> 
> NB: Kemengan Rossi di Assen adalah contoh baik
> bagaimana seorang pengendara memadukan keterampilan
> berkendara dan mesin motor yang sedang untuk
> menundukan Ducati yang bertenaga besar. Assen lebih
> banyak memiliki tikungan daripada lintasan lurus. Di
> Assen, motor selalu berada dalam kondisi miring
> sebanyak 90% dalam satu putaran. Tenaga besar Ducati
> justru menjadi bumerang bagi pengendaranya. Lihat
> kan,
> seperti apa pantat Stoner setiap kali berakselerasi
> keras untuk keluar dari tikungan--bergoyang dan
> bergetar kuat. 
> 
> Sadar akan kekurangannya, Stoner membiarkan Rossi
> lewat karena dia hanya punya 2 pilihan--terus
> menahan
> Rossi dan terjatuh, karena motor sulit dikendalikan
> dan harus kehilangan angka, atau membiarkan Rossi
> lewat dan berada di urutan kedua, tapi tetap
> mendapat
> angka. Buktinya, sesudah Rossi lewat Stoner bisa
> berkendara dengan santai, tanpa harus memaksa buka
> gas
> besar-besar dan pantat tidak lagi bergetar dan
> bergoyang. 

GANTI PISTON

GANTI PISTON

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 21:05
Re: [otomotif-l] GANTI PISTON

Baek2 kalo meng-oversize silinder harus diperhatikan ketebalan dinding
silinder dgn water jacket (saluran air pendingin). kalo udah tipis,
oversize gak boleh gede2. Umumnya pabrik tidak merekomendasikan Overbore
lebih dari 100 (1mm). Namun dalam kenyataan bisa aja lebih besar. contohnya
mobil2 Timor yg buat balap kalo pake stroker kit 1600cc piston dioverbore
100 (79mm) sehingga bisa dapet 1640cc). Nah yg 'gendeng' pada di overbore
200 (81mm) dgn crank std. Kalo pake blok timor overbore 200 udah tipis
banget, tinggal nunggu jebolnya aja, sedangkan kalo pake blok mazda masih
aman namun sudah diambang batas (gak bisa di overbore lagi).

So, kalo mau overbore karena memang harus (silinder udah feyang), secukupnya
aja, kalau 0.25mm udah cukup ya segitu aja, dalam kebanyakan kasus terparah
pun, 0.50mm sudah cukup. Dulu saya pake eterna pernah putus timing belt
sampe piston bolong 2 biji, head ancur, silinder feyang, oversize cukup
0.50mm saja, cuma karena 'gatel' dibikin 100 sekalian. Perlu diingat pula
kalo silinder digedein otomatis rasio kompresi (CR) bakal naik pula, emang
sih lebih WOOOZZ, tapi kalo sebelumnya pake Premium dan udah marginal pula
(suka ngelitik) kompresi tambah tinggi malah bikin sengsara kecuali pake
Premix/TT.

CARA MENAMBAH SPEED MOTOR

CARA MENAMBAH SPEED MOTOR

Tips Cara Dasar Meningkatkan Kecepatan Sepeda Motor Kita Agar Terasa Enteng Dikendarai

images



Memiliki sepeda motor yang gesit jalannya memang mengasyikkan. Namun menjadi menyebalkan ketika motor mulai terasa berat dan tidak bertenaga di jalan. Berikut ini adalah tips standar dari situs web organisasi.org bagi pengendara sepeda motor pemula agar sepeda motornya bisa melaju dengan kecepatan yang wajar.
1. Motor Kotor Butuh Cuci Motor
Kotoran yang menempel pada motor kita serta kotoran yang menyumbat bagian-bagian yang bergesekan dapat membuat jalan motor kita jadi agak seret dan berat. Secara rutin cucilah motor kita di tempat cuci steam yang mencuci sampai ke detail tiap bagian.
2. Ban Kempes Butuh Diisi Angin
Ban yang kempes atau agak kempes bisa menghambat laju motor kita. Konsumsi bensin pun jadi boros dan resiko pecah ban motor di jalan jadi lebih besar. Untuk itu periksalah kondisi ban sepeda motor kita sebelum memulai perjalanan agar kecepatan motor kita bisa dimaksimalkan.
3. Banyak Barang Bawaan Berat Perlu Di Singkirkan
Periksa kembali barang apa saja yang anda bawa baik di bagasi maupun di box di belakang motor (bila ada). Membawa barang yang berat akan mempengaruhi laju motor. Singkirkan barang yang berat dan tidak anda perlukan agar kecepatan bisa kembali normal seperti sedia kala.
4. Saringan Udara Kotor Perlu Dibersihkan
Biasanya setiap service rutin, mesin speda motor kita akan dibongkar untuk dibersihkan agar udara yang masuk ke mesin bisa cukup serta berkualitas baik agar pembakaran dalam mesin bisa berjalan maksimal.
5. Oli Jelek Perlu Ganti Oli
Terkadang beratnya laju motor disebabkan oleh oli yang sudah buluk sehingga perlu diganti dengan oli baru yang lebih fresh, sehingga mesin motor dapat beroperasi dengan baik. Biasanya setiap satu sampai dua bulan sekali perlu penggantian oli tergantung intensitas pemakaian kita.
Sekian tips standar mempercepat laju motor ini, semoga berguna. Silahkan ditambahkan jika ada yang kurang. Terima kasih.

MOTOR VEGA

MOTOR VEGA

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 20:32

1.Dengan sedikit meng oversize piston / seher menggunakan merek tetangga kawasa*i k*ze r std ajah udah mampu mendongkrak cc si vega menjadi 115cc, tanpa perlu mem boring ulang / overboring blok. Hanya pada blok. Vega new harus memapas pantat blok 2mm supaya kompresi paa mesin tidak low kompresi, sedangkn pada vega lawas justru menambahkan paking blok 2 lembar agar si seher tidak menyentuh klep.
2.Dengan sedikit memapas noken as (camshaft) sesuai setiingan mesin. Fungsi noken as sendiri adalah mengatur waktu buka tutup klep.Menambah daya si vega (ukuran papasan, durasi, lebar pinngang noken as tergantung spek mesin anda) untuk. vega lama disarankan menggunakan noke as jupiter z / vega new untuk dipapas, karena memiliki lebih banyak lubang pelumasan.
3.Dengan sedikit membuang kulit jeruk (permukaan kasar) pada intake dan exhaust di blok dan intake manifold, dengan maksud memperlancar asupan dn pengeluaran bensin ke blok.
4.Penggunaan cdi std pada vega lama, karena diantara jenis vega pengapian vega lama yang paling sempurna, untuk vega new dpat mengaplikasi cdi jupiter lama (CDI part code 5LL-00) karena cdi ini belum limiter.untuk koil gunakan STD pabrikan
5.Penggantian karbu, kunci utama dalam pengabutan bahan bakar, untuk vega lama dan vega new menggunakan karbu sho*un 125, karena memiliki lubang venturi yang agak lebih lebar sedikit ketimbang karbu vega new. Dan memiliki power jet yang mampu membantu mendongkrak mesin di putaran atas.
6.Kampas kopling. Untuk pilihan yang 1 ini, jika anda menggunakan kampas ukuran std lebih baik menggunakan kampas kopling FIZ-R karena memiliki tapak kampas yang lebih lebar sehingga mampu mendongkrak engine pada waktu oper gigi (putaran atas) dan memperlembut operan gigi. Kalau anda berani mencoba silahkan papas rumah kopling dan dudukan kampas kopling anda menggunakan kampas suz*ki FR. Mantap dipkai karena kampas yang besar dan sangat mendongkrak mesin di putaran atas.
7. Per kopling. Mengaplikasi merek saudara kandung RX-king karena ukuran ulir yang lebih panjang ketimbang ukuran std sehingga mampu membantu anda mempercepat pergerakan buka tutup kampas kopling.
Untuk ubahan seperti ini ane udah terapin gan, aman, dan tetap safety serta pemakaian bahan bakar yang tidak terlalu jauh berbeda ketimbang spek std.mohon maap gan, ane blum bisa menampilkan fotonya coz ane blum ngerti ccara upload fotonya :maluaku Untuk anda yang selalu bertanya kira2 spek boreup yang cocok untuk harian, yah ini jawaban ane gan.

CARA MENAMBAH CC PADA MOTOR

Naikin cc itu bisa dengan memperbesar seher (piston) dan juga dengan memperpanjang langkah piston....
dengan melakukan oversize saja sudah termasuk memperbesar diameter piston otomatis cc mesin bertambah....
namun dengan hanya memperbesar diameter piston saja tanpa di ikuti pemapasan kepala cylinder kemungkinan performa malah menurun...karena tekanan kompresi menjadi berkurang.

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Motor

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Motor

Posted: 1 Februari 2010 by ratspeed in MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih kecil :) Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan… :) Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.
  • Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr :D Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.
  • Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah :)
  • Bathtub Cylinder Head by. RAT
  • Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha… :D sama gak sih?! :) Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho… :)   Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut… :D Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
  • Muffler Racing
  • Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.

  • Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor? Cape deh…

Substitusi Kampas Kopling

Substitusi Kampas Kopling
Substitusi Kampas KoplingJeli Cari Pengganti Sedikit berpikir lebih untuk mensiasati keuangan atau kebutuhan, sah saja dilakukan? Salah satunya, memakai part atau komponen yang bisa subsitusi antar varian. Misal, kampas kopling.Langkah begini ditempuh bukan semata persoalan harga. Bisa terjadi karena barang yang dicari tidak qtau susah ditemui. Tetapi ingat, jangan sampai pemakaian komponen substitusi itu justru membawa akibat buruk di motor!Makanya, dituntut lebih jeli melihat komponen yang dipakai sebagai pengganti. Selain bentuk luar yang terlihat sama, perhatikan juga ketebalan atau alur detail kampas kopling dimaksud.Ketimbang penasaran, ini dia kampas kopling yang bisa saling tukar.HONDA BANYAK PERSAMAANUnutk besutan lambang sayap mengepak ini, kampas kopling Astrea Grand bisa dipakai untuk Tiger 2000. “Tapi jumlah harus ditambah. Karena Grand hanya pakai 4 lembar, sedang Tiger 5 lembar,” ujar Kardi, pemilik Kardi Mulia Motor, di Jl. WR Supratman, No. 13, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.KLIK - DetailMenurut pria berkumis itu lagi, masih bisa lebih hemat! Lantaran tidak usah langsung beli lima lembar. Tapi buat kampas tambahan, bisa pakai kampas bekas dengan kondisi masih lumayan bagus.Begitu juga kampas kopling Honda CB200 yang katanya langka. “Bisa pakai milik Kawasaki Ninja. Ukuran dan bentuk sama,” jelas Anto Suratman dari Perjuangan Motor di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.Anto juga bilang, pemakai Honda CB100 dan CB125 bisa saling tukar kampas dengan GL100 dan GL125. Juga sama dengan Honda Grand. Bahkan Supra, GL-Max, GL-Pro Neo Tech sampai generasi Tiger kampas kopling tetap sama. Jadi, soal subtitusi Honda paling banyak persamaannya.KAWASAKI AGAK SPESIFIKKLIK - DetailPemilik Kawasaki Kaze serta Blitz R atau Blitz Joy, rada lebih spesifik. Itu karena ulir kampas kopling memang beda sama motor lain. “Bentuknya garis miring selebar pelat itu sendiri,” ujar Rifky dari Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.Tapi tenang, usah khawatir! Bisa kok mengaplikasi kampas kopling milik Kawasaki GTO. Meski termasuk motor lumayan lawas, tapi peranti penyalur tenaga itu tetap sama dengan motor baru.Pemasangan juga nggak repot! Soalnya, semua serba sama. Bentuk dan jumlah tonjolan pun sami mawon. Ada delapan pengunci ke rumah kopling.SUZUKI MIRIP-MIRIPJika punya Satria F-150 atau TS125 atawa Thunder 125, maka kampas kopling bisa saling tukar. Soal harga, punya TS125 bisa dibilang lebih murah. Hanya sekitar Rp 15 ribu per lembar.KLIK - Detail“Kalau mau lebih murah lagi, bisa pakai punya Suzuki GP125. Itu motor 80-an,” ujar Rustomo dari SIN Motor di Jl. Panjang, Cidodol, Jakarta Barat. Peranti orisinal GP 125 dihargai Rp 100 ribuan per set (5 lembar). Ada juga yang punya kwalitas nomor dua yang dibanderol Rp 10 ribuan untuk satu lembar.Selain motor di atas, buat pemilik Shogun 125 atau Suzuki Smash, kampas kopling juga bisa disubsitusi. Namun selain memiliki bentuk sama, soal harga juga enggak jauh beda.“Demikian juga Suzuki RGR150 sama dengan TRS, Satria 120 4 speed sama dengan Smash. Serta Shogun 110 sama dengan Satria 120 5 speed,” jelas Anto sambil tertawa menunjukan gigi kerennya.YAMAHA TIDAK BANYAK BEDAKLIK - DetailBuat pecinta Yamaha, kampas kopling milik Crypton, Vega dan Jupiter atau Force 1 juga bisa saling tukar. Soal harga, kampas Jupiter dijual sedikit lebih mahal, Rp 27.500 (per lembar).Kampas Vega atau Crypton serta F1-Z, dijual sekitar Rp 21 ribu untuk tiap lembarnya. “Selain empat motor itu, kampas kopling milik FR juga bisa dipakai. Malah, lebih tebal. Jadi lebih awet,” ujar Kardi yang juga diiyakan Kiki panggilan akrab Rifky.Kampas kopling Yamaha L2 Super tempo doeloe, pula bisa saling tukar dengan RX-King. Jadi, antara generasi lama dan baru tetap bersahabat. Tidak saling bantai, melainkan saling substitusi silang.

Seting Kopling Manual

Seting Kopling Manual
Seting Kopling ManualSesuai Gaya dan Kebutuhan Ini menyangkut gaya dan kebutuhan pengendara motor laki alias motor sport atau bebek kopling manual. Cukup setingan standar. Yang penting nyaman dipakai. Sip diajak melibas kemacetan atau nafas bisa enggak putus di jalanan panjang.Modalnya, tahu dua bagian penting yang mendukung. Adalah, celah klep dan jarak main handel kopling. Biasanya, kan mekanik hanya mengambil standar umum. Padahal, setiap orang punya gaya bawa motor berbeda.“Termasuk perbedaan fisik. Jari-jari tangan setiap orang berbeda. Pengaruhnya jarak main handel kopling,” bilang Soehardjo AR, Manager Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) di Jakarta Timur.KLIK - DetailPaling utama sih tengok celah klep (gbr. 1). Prinsipnya kuda besi kayak Honda Tiger, Yamaha Scorpio-Z, dan Suzuki Thunder 125. Ketiga motor ini punya standar minimal dan maksimal clearence valve.Buat Thunder celah klep masuk 0,1 mm dan buang 0,15 mm. “Motor bisa enak buat jalanan seperti Jakarta,” beber Hasan Basri, mekanik Hasan Motor, Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.“Honda Tiger ukur di antara 0,12 mm-0,15mm buat klep masuk. Klep buang 0,17 mm dan 0,20 mm,” tambah Ribut Wahyudi dari AHASS Bintang Motor, Bintang Niaga Jaya, Cibinong, Bogor.Soehardjo kasih patokan sederhana. Kalau diset di ukuran minimal, motor pas dibawa buat kawasan macet atau padat merayap. Respon putaran mesin lebih baik saat lewat di kemacetan. Ini kebalikan kalau diset celah klep longgar. “Paling pas sih ukuran celah klep di tengah-tengah,” jelas Soehardjo yang murah senyum itu.Berikut juga respon kopling. Ini juga menentukan putaran mesin di setiap perpindahan gigi (gbr. 2). “Ambil jarak yang terjauh 5 cm - 7 cm,” sahut Hasan.“Ukuran di Thunder sama untuk Tiger,” ingat Ribut lagi.source :

Tips Sederhana Memodifikasi Motor Agar Lebih Kencang Lajunya

Tips Sederhana Memodifikasi Motor Agar Lebih Kencang Lajunya

1. Piston. Untuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.
2. Kepala Silinder. Dalam proses modifikasi motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
3. Lubang Pembilasan. Jumlah gas baru campuran  bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih  banyak. Perluasan lubang bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.
4. Sistem Kelistrikan. Tenaga listrik pada motor kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi menjadi lebih besar.
5. Rocker Arm. Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel.

Basic dari mesin [1] water injection Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’inje

Basic dari mesin [1] water injection Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’inje

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 20:25
Basic dari mesin



[1]
water injection
Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar mesin… hmm.Namun ternyata banyak keuntungan yang didapat dari metode tersebut.Wa-i sendiri bukan hal yang baru, bahkan metode ini sudah digunakan waktu perang dunia ke-2 pada pesawat tempur untuk meningkatkan tenaga mesin pada saat penyerangan.
Panas adalah masalah utama pada mesin, dan dapat menyebabkan cepatnya kerusakan komponen mesin sehingga menurunkan performance mesin itu sendiri. Panas pada ruang bakar mesin bisa mencapai 1100 derajat Celcius! apalagi mesin tersebut menggunakan Turbo atau SuperCharger.
Wa-i bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi tersebut, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, dengan demikian dapat memperlambat terbakarnya bensin. Hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar setara angka oktan 113.Ini menguntungkan karena timing pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa gejala knocking (ngelitik), dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih besar. Secara teori, butir halus air akan terpecah menjadi uap pada suhu panas ruang bakar, ini menghasilkan tenaga tambahan ekstra bagi mesin.
Keuntungan Wa-i:- Memungkinkan untuk menyetel campuran bensin seirit mungkin (LEAN)- Memungkinkan untuk menyetel Timing Pengapian lebih maju (ADVANCE) untuk mendapatkan torsi lebih besar.- Menjaga ruang bakar tetap bersih, karena selalu terbilas oleh uap air tadi.- Mencegah penumpukan Carbon di ruang bakar.- Menjaga stabilitas suhu mesin- Mencegah terjadinya Knocking/Pinging (ngelitik).- Menurunkan kadar polusi NOx karena suhu ruang bakar tidak tinggi.- Bisa menggunakan Premium tanpa gejala ngelitik.- Dapat dicampur dengan alkohol/methanol untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi.
Namun ada juga efek negatifnya lho…- Karena tidak terjadi Knocking/Pinging (ngelitik), menjadi susah bagi kita untuk mendeteksi kualitas bensin.- Knalpot relatif perlu perhatian dari kemungkinan berkarat.- Bisa membatalkan kontrak service bagi mobil baru yang masih dalam garansi service.- Ada kerja ekstra untuk selalu memantau kondisi tangki air.
Sering orang bertanya-tanya…
Apakah dapat menimbulkan Water Hammer?Debit air yang diinjeksi adalah kecil sekali, bisa di bilang dalam satuan butir air. Dan ketika masuk ke ruang bakar yang bersuhu tinggi butir air akan pecah menjadi uap air, jadi sudah tidak dalam wujud air utuh.Dengan kata lain, Wa-i tidak mengakibatkan musibah Water Hammer.Dalam suatu candaan para rekan senior yang telah mengaplikasikan Wa-i sejak tahun 2002 lalu di berbagai mobil dikatakan… “water hammer baru terjadi jika pada saat mesin berputar di rpm tinggi kemudian dari karburator disiram air segayung.. BYUURRR”.. baru deh…. K.O. si mesin.
Air yang digunakan untuk Wa-i ini adalah AIR MURNI, bisa pakai Air Aquadest atau Air Accu botol warna BIRU.Jangan menggunakan air yang mengandung mineral seperti : Air Sumur, Air Ledeng, Air Aqua, dsb. Karena akan membuat korosi/ karat.
Untuk hasil lebih bertenaga lagi, air murni dapat ditambahkan pula Alkohol / Methanol dengan campuran 1:5 sampai 1:3
Melalui sharing ini, saya coba contohkan pada mobil saya. Dan pada bagian ini saya sebut sebagai Wa-i Stage-1.
Pada Wa-i stage-1 ini, air akan masuk diatur oleh keran (regulator) dan di filter oleh One Way Filter, kemudian akan keluar berupa percikan halus air melalui jarum suntik, kemudian air tersalur masuk melalui selang ke Vacuum yang ada di karburator atau intake Plenum.
Saya mencontohkan disini dengan memanfaatkan selang vacuum yang asalnya dari Intake Plenum menuju Fuel Pressure Regulator, kemudian saya cabang dengan cabang T, untuk memasukkan Wa-i ini.
KOMPONEN
Komponen yang digunakan untuk Wa-i sangatlah murah dan mudah didapat, antara lain:1. Filter Penghisap Aquarium2. Regulator Air (keran)3. One Way Filter4. Jarum Suntik ukuran 24G5. Cabang Selang Aquarium T6. One Way Filter

TIPS MEMBUAT KARBU VAKUM JADI KONTAN Rabu, 18 Mei 2011

TIPS MEMBUAT KARBU VAKUM JADI KONTAN Rabu, 18 Mei 2011

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 20:20
TIPS MEMBUAT KARBU VAKUM JADI KONTAN
Rabu, 18 Mei 2011



Karburator vakum (CV) tidak sereponsif karburator konvesional. Masalahnya karburator tipe CV kerjanya berdasarkan kevakuman di ruang bakar sehingga irit bahan bakar. Tetapi, gara-garanya lagi karburator vakum banyak diaplikasikan ke motor keluaran terbaru. Inilah yang menjadi kendala bagi yang memiliki idola kebut-kebutan dijalanan. Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional agar bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM, upssss.....tapi jangan kuwatir,,,masih ada alternative lain disbanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan, dijamin cara tersebut dapat merespon mesin lebih bagus. Mau tahu lebihnya......berikut langkah-langkahnya :
1.      Perbesar Lubang Main Air Jet
Main air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi.(Coba perhatikan skema 1)
Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar. (Coba perhatikan skema 2)



2.      Seting Spuyer
Setelah lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraanya Pilot jet turun satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naikkan hingga sekitar 150, Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naikkan hingga warna busi muncul kecoklatan.



WebRepOverall rating

Tips Honda CB & another 4 stroke motor – memperlebar lubang masuk dan keluar ruang bakar (Porting Dasar) Jumat, 27 Mei 2011

Tips Honda CB & another 4 stroke motor – memperlebar lubang masuk dan keluar ruang bakar (Porting Dasar) Jumat, 27 Mei 2011

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 20:18
Tips Honda CB & another 4 stroke motor – memperlebar lubang masuk dan keluar ruang bakar (Porting Dasar)
Jumat, 27 Mei 2011


Hampir sebagian orang awam beranggapan bahwa cara mudah menaikkan performance adalah dengan mengganti CDI spek racing ataupun menukar mengubah knalpot. Akan tettapi secara teori itu salah. Justru memperbesar porting dianjurkan sebagai awal langkah memperbesar dapur pacu 4 tak selain harus main Bore Up. Memperbesar porting sama juga dengan memperlebar jalan masuk udara-bahan bakar dan mempercepat terbuangnya gas sisa keluar dari mesin. Permainan porting ini bertujuan meningkatkan efesiensi volumetric. Artinya, daya isap piston di-upgrade melalui tekanan gas masuk yang disebabkan porting tersebut. Sebagai contoh motor standart dibuat untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar alias penggunaan bensin irit sehingga dalam sekali isap piston mampu menyedot 10 gram bensin-udara. Ketika jalan diperbesar, otomatis jumlah yang terhisap meningkat missal menjadi 15 gram. Setara dengan jumlah yang masuk, tentunnya tenaga meningkat.
Dalm memperbesar porting banyak caranya. Paling mudah adalah memperhalus kulit jeruk pada dinding inlet port ataupun outlet port (lubang masuk dan lubang keluar). Untuk lebih ekstrim dari memperhalus dan memperlebar, yaitu arah porting ditata ulang. Sudut tembak porting diluruskan dengan ruang bakar. Hal ini dilakukan agar menyingkat waktu tempuh kabut bensin dari karbu ke ruang bakar. Makin cepat akselaresinya bagus. Sebagai paatokan memperbesar porting bahwa diameter porting sebaiknya ada diantara 95%-100% dari diameter klep. Jadi semisal Klep masuk Honda Tiger 31mm, maka diameter porting berada diantara  29,45mm hingga maksimal 31mm. Demikian pula dengan porting buang.
 baca juga :  Tips melacak kompresi bocor, tips atasi brisik pada yamaha cripton, tips karbu vakum jadi kontan, Tips Honda CB,  Alternatif dongkrak Yamaha Mio, Tips mengatasi oli ngrembes, Awasi piston baret akibat oli

Tips Honda CB – Pemilihan CDI AC dan CDI DC Senin, 30 Mei 2011

Tips Honda CB – Pemilihan CDI AC dan CDI DC Senin, 30 Mei 2011

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 19:58
Tips Honda CB – Pemilihan CDI AC dan CDI DC
Senin, 30 Mei 2011

Dari pabrikannya sistem pengapian Honda CB menggunakan platina. Hal ini lah yang menganjal para pelirik modif Honda CB, solusinya ialah mengganti platina menjadi CDI. Namun pengapian CDI terdapat dua jenis yaitu AC dan DC. AC dan DC…?????pastinya itu yang membuat bingung, antara AC dan DC bagus mana.
  • ·         Sistem AC-CDI
Sistem ini dinamakan sistem AC karena arus yang masuk CDI adalah Arus bolak balik (alternating Current), yaitu arus listrik yang langsung berasal dari eksitasi oleh karena itu CDI jenis ini dinamakan AC-CDI. Cara kerjanya, arus dari kumparan eksitasi  disearahkan oleh rectifier, kemudian terjadi pengisisan pada kapasitor. arus mengalir ke SCR yang kemudian di bias balik. setelah SCR menerima arus dari pulser yang berupa pulsa,pulsa tersebut menetralisir efek penghalang dari gerbang. arus anoda bertambah secara nyata, dengan reduksi teganagn sasaat melalui SCR tersebut. sekali hantaran telah dimulai, maka gerbang akan kehilangan semua kontrol sampai arus telah arus telah direduksi menjadi kira-kira sebesar nol SCR tersebut. maka SCR akan membuka dan arus akan mengalir ke ground sehingga terjadi bunga api pada busi. Pada AC CDI arus yang keluar dari coil ignition dipengaruhi oleh putaran mesin, sehingga semakin besar putaran mesin, semakin besar pula arus yang dihasilkan.

  • ·         Sistem DC-CDI

Sistem ini dinamakan sistem DC karena arus CDI disuplai oleh baterai, sehingga arus yang masuk adalah arus DC (Direct Current). keuntungan dari sistem ini adalah arus yang masuk cenderung tetap karena arus tidak tergantung pada putaran mesin, sehingga tegangan pengapian pada elektroda busi relatif stabil. cara kerjanya CDI DC disuplai dengan baterai, didalam CDI tersebut terdapat transformer yang berfungsi menaikkan tegangan baterai 12 volt menjadi 220-300volt, tegangan ini selanjutnya disalurkan ke dioda untuk disearahkan. transformator dapat bekerja menginduksi arus DC dari baterai dikarenakan adanya transistor jenis npn yang bekerja sebagai saklar. Arus dari dioda ini selanjutnya disalurkan ke kapasitor, sehingga pada kasipasitor. saat sinyal dari generatr pulser mengalir ke SCR, efek penghalang dari SCR akan di netralisir, pada saat ini muatan listrik yang disimpan di dalam kapasitor di lepaskan ke kukmparan primer koil pengapian dan di perbesar lagi oleh kumparan sekunder, tegangan tinggi dari koil ini selanjutnya dialirkan ke busi sehingga pada busi terjadi loncatan bunga api.
KESIMPULAN
Kelebihan :
  • AC-CDI : Pada waktu mesin putaran tinggi, arus yang dihasilkan semakin besar sehingga tegangan sekunder koil pengapian akan lebih besar.
  • DC-CDI : Arus yang masuk ke unit CDI relatif stabil, karena tidak tergantung dari putaran mesin, sehingga tegangan sekunder koil pengapian relatif stabil.
Kekurangan :
  • AC-CDI : arus yang masuk ke unit CDI tergantung dari putaran mesin, jadi pada waktu putaran rendah arus yang dihasilkan kecil.
  • DC-CDI : Baterai harus selalu dalam keadaan terisi penuh (baterai dan sistem pengisian harus dalam kondisi baik)

baca juga : Tips melacak kompresi bocor, tips atasi brisik pada yamaha cripton, tips karbu vakum jadi kontan, Tips Honda CB,  Alternatif dongkrak Yamaha Mio, Tips mengatasi oli ngrembes, Awasi piston baret akibat oli, Tips Honda CB & another 4 stroke motor

WebRepOverall rating

Sabtu, 15 Oktober 2011

Cara Berbakti Kepada Orang Tua


Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullah
Bentuk-Bentuk Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua Adalah :
Pertama.
Bergaul dengan keduanya dengan cara yang baik. Di dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan bahwa memberikan kegembiraan kepada seorang mu’min termasuk shadaqah, lebih utama lagi kalau memberikan kegembiraan kepada kedua orang tua kita.

Dalam nasihat perkawinan dikatakan agar suami senantiasa berbuat baik kepada istri, maka kepada kedua orang tua harus lebih dari kepada istri. Karena dia yang melahirkan, mengasuh, mendidik dan banyak jasa lainnya kepada kita.
Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa ketika seseorang meminta izin untuk berjihad (dalam hal ini fardhu kifayah kecuali waktu diserang musuh maka fardhu ‘ain) dengan meninggalkan orang tuanya dalam keadaan menangis, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Kembali dan buatlah keduanya tertawa seperti engkau telah membuat keduanya menangis” [Hadits Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i] Dalam riwayat lain dikatakan : “Berbaktilah kepada kedua orang tuamu” [Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim]
Kedua.
Yaitu berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut. Hendaknya dibedakan berbicara dengan kedua orang tua dan berbicara dengan anak, teman atau dengan yang lain. Berbicara dengan perkataan yang mulia kepada kedua orang tua, tidak boleh mengucapkan ‘ah’ apalagi mencemooh dan mencaci maki atau melaknat keduanya karena ini merupakan dosa besar dan bentuk kedurhakaan kepada orang tua. Jika hal ini sampai terjadi, wal iya ‘udzubillah.
Kita tidak boleh berkata kasar kepada orang tua kita, meskipun keduanya berbuat jahat kepada kita. Atau ada hak kita yang ditahan oleh orang tua atau orang tua memukul kita atau keduanya belum memenuhi apa yang kita minta (misalnya biaya sekolah) walaupun mereka memiliki, kita tetap tidak boleh durhaka kepada keduanya.
Ketiga.
Tawadlu (rendah diri). Tidak boleh kibir (sombong) apabila sudah meraih sukses atau mempunyai jabatan di dunia, karena sewaktu lahir kita berada dalam keadaan hina dan membutuhkan pertolongan. Kedua orang tualah yang menolong dengan memberi makan, minum, pakaian dan semuanya.
Seandainya kita diperintahkan untuk melakukan pekerjaan yang kita anggap ringan dan merendahkan kita yang mungkin tidak sesuai dengan kesuksesan atau jabatan kita dan bukan sesuatu yang haram, wajib bagi kita untuk tetap taat kepada keduanya. Lakukan dengan senang hati karena hal tersebut tidak akan menurunkan derajat kita, karena yang menyuruh adalah orang tua kita sendiri. Hal itu merupakan kesempatan bagi kita untuk berbuat baik selagi keduanya masih hidup.
Keempat.
Yaitu memberikan infak (shadaqah) kepada kedua orang tua. Semua harta kita adalah milik orang tua. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala surat Al-Baqarah ayat 215.
“Artinya : Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, “Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah maha mengetahui”
Jika seseorang sudah berkecukupan dalam hal harta hendaklah ia menafkahkannya yang pertama adalah kepada kedua orang tuanya. Kedua orang tua memiliki hak tersebut sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat Al-Baqarah di atas. Kemudian kaum kerabat, anak yatim dan orang-orang yang dalam perjalanan. Berbuat baik yang pertama adalah kepada ibu kemudian bapak dan yang lain, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut.
“Artinya : Hendaklah kamu berbuat baik kepada ibumu kemudian ibumu sekali lagi ibumu kemudian bapakmu kemudian orang yang terdekat dan yang terdekat” [Hadits Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad No. 3, Abu Dawud No. 5139 dan Tirmidzi 1897, Hakim 3/642 dan 4/150 dari Mu'awiyah bin Haidah, Ahmad 5/3,5 dan berkata Tirmidzi, "Hadits Hasan"]
Sebagian orang yang telah menikah tidak menafkahkan hartanya lagi kepada orang tuanya karena takut kepada istrinya, hal ini tidak dibenarkan. Yang mengatur harta adalah suami sebagaimana disebutkan bahwa laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita. Harus dijelaskan kepada istri bahwa kewajiban yang utama bagi anak laki-laki adalah berbakti kepada ibunya (kedua orang tuanya) setelah Allah dan Rasul-Nya. Sedangkan kewajiban yang utama bagi wanita yang telah bersuami setelah kepada Allah dan Rasul-Nya adalah kepada suaminya. Ketaatan kepada suami akan membawanya ke surga. Namun demikian suami hendaknya tetap memberi kesempatan atau ijin agar istrinya dapat berinfaq dan berbuat baik lainnya kepada kedua orang tuanya.
Kelima.
Mendo’akan orang tua. Sebagaimana dalam ayat “Robbirhamhuma kamaa rabbayaani shagiiro” (Wahai Rabb-ku kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku diwaktu kecil). Seandainya orang tua belum mengikuti dakwah yang haq dan masih berbuat syirik serta bid’ah, kita harus tetap berlaku lemah lembut kepada keduanya. Dakwahkan kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut sambil berdo’a di malam hari, ketika sedang shaum, di hari Jum’at dan di tempat-tempat dikabulkannya do’a agar ditunjuki dan dikembalikan ke jalan yang haq oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Apabila kedua orang tua telah meninggal maka :
Yang pertama : Kita lakukan adalah meminta ampun kepada Allah Ta’ala dengan taubat yang nasuh (benar) bila kita pernah berbuat durhaka kepada kedua orang tua sewaktu mereka masih hidup.
Yang kedua : Adalah mendo’akan kedua orang tua kita.
Dalam sebuah hadits dla’if (lemah) yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, seseorang pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Apakah ada suatu kebaikan yang harus aku perbuat kepada kedua orang tuaku sesudah wafat keduanya ?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, kamu shalat atas keduanya, kamu istighfar kepada keduanya, kamu memenuhi janji keduanya, kamu silaturahmi kepada orang yang pernah dia pernah silaturahmi kepadanya dan memuliakan teman-temannya” [Hadits ini dilemahkan oleh beberapa imam ahli hadits karena di dalam sanadnya ada seorang rawi yang lemah dan Syaikh Albani Rahimahullah melemahkan hadits ini dalam kitabnya Misykatul Mashabiih dan juga dalam Tahqiq Riyadush Shalihin (Bahajtun Nazhirin Syarah Riyadush Shalihin Juz I hal.413 hadits No. 343)]
Sedangkan menurut hadits-hadits yang shahih tentang amal-amal yang diperbuat untuk kedua orang tua yang sudah wafat, adalah :
[1] Mendo’akannya
[2] Menshalatkan ketika orang tua meninggal
[3] Selalu memintakan ampun untuk keduanya.
[4] Membayarkan hutang-hutangnya
[5] Melaksanakan wasiat yang sesuai dengan syari’at.
[6] Menyambung tali silaturrahmi kepada orang yang keduanya juga pernah menyambungnya
[Diringkas dari beberapa hadits yang shahih]
Sebagaimana hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari sahabat Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma.
“Artinya : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman bapaknya sesudah bapaknya meninggal” [Hadits Riwayat Muslim No. 12, 13, 2552]
Dalam riwayat yang lain, Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma menemui seorang badui di perjalanan menuju Mekah, mereka orang-orang yang sederhana. Kemudian Abdullah bin Umar mengucapkan salam kepada orang tersebut dan menaikkannya ke atas keledai, kemudian sorbannya diberikan kepada orang badui tersebut, kemudian Abdullah bin Umar berkata, “Semoga Allah membereskan urusanmu”. Kemudian Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhumua berkata, “Sesungguhnya bapaknya orang ini adalah sahabat karib dengan Umar sedangkan aku mendengar sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Artinya : Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman ayahnya” [Hadits Riwayat Muslim 2552 (13)]
Tidak dibenarkan mengqadha shalat atau puasa kecuali puasa nadzar [Tamamul Minnah Takhrij Fiqih Sunnah hal. 427-428, cet. III Darul Rayah 1409H, lihat Ahkamul Janaiz oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani hal 213-216, cet. Darul Ma'arif 1424H]
[Disalin dari Kitab Birrul Walidain, edisi Indonesia Berbakti Kepada Kedua Orang Tua oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, terbitan Darul Qolam - Jakarta]

tips malam pertama

Cerita sex ini menceritakan kisah nyata malam pertama pasangan pengantin baru perawan melakukan hubungan suami istri diranjang . Ada kelompok kembali dari perjalanan bisnis bekerja keras. Saya adalah salah satu kelompok. Ketika kami sampai di kantor untuk memasang barang-barang kami dan mendapatkan mobil kami, saya melihat seorang rekan kerja yang hadnâ € ™ t pergi di perjalanan. Dia bilang dia datang ke sana hanya untuk membuat semua orang memastikan kembali aman dan memiliki waktu yang baik di perjalanan. Saya berpikir bahwa agak aneh, karena tidak ada orang yang pernah melakukannya sebelumnya. Tapi, dia membantu semua orang mendapatkan barang-barang diletakkan kembali di kantor dan mendapatkan kendaraan mereka sendiri dimuat pulang ke rumah, jadi aku berubah dari perasaan aneh menjadi bersyukur.

Seperti semua orang berkata selamat tinggal, ia (Wea € ™ akan menelepon Ann) datang dan mulai mengusap pundak saya dan leher. Setelah akhir pekan kami, rasanya baik. Seseorang datang di sudut dan dia berhenti dan melangkah pergi. Aku adalah orang terakhir yang masuk ke dalam mobil saya dan ketika aku sedang mengemudi pergi, Ann berhenti di sampingku dan bertanya apakah aku mau pijat yang lebih baik. Saat itu sekitar jam 11.00 WIB dan saya didnâ € ™ t harus bekerja keesokan harinya, jadi aku berkata yakin. Dia mengatakan ikuti saya. Aku mengikutinya ke apartemennya. Ada beberapa hal berjalan melalui pikiran saya di jalan. Mengapa dia datang ke kantor yang larut malam? Mengapa ia datang mengenakan sepasang celana pendek katun cahaya abu-abu dan tank top? Mengapa dia menjemput saya? Ann beberapa tahun lebih muda yang saya, pirang, mata biru, benar-benar ganteng, kaki seksi, payudara bagus dan wajah cantik. Ketika kami kembali ke tempatnya, dia mengatakan kepada saya untuk berbaring di lantai dan dia mulai memberi saya pijat. Jika merasa cukup bagus, tapi ia lebih muda dan berpengalaman dalam seni memberi pijat. Setelah beberapa saat, aku bertanya apakah ia ingin dipijat. Dia mengatakan â € ~ sureâ € ™. Aku bertanya apakah ia â € ~ sureâ € ™, karena saya memberikan pijat lengkap total tubuh. Dia tersenyum dan berkata baiklah cerita sex perawan

Aku memiliki dia berbaring di lantai dan mulai di kakinya. Saya mulai bekerja sampai kakinya menikmati pemandangan dan kenyataan bahwa aku membuatnya mengerang. Aku memijat belakangnya melalui celana pendek, dia kembali melalui bajunya, leher, bahu dan lengan. Aku membalikkan tubuhnya dan mengulangi segala sesuatu mulai dari kaki dan bekerja sampai ke bahu. Aku mendapat giliran kembali atas dan mulai di kakinya lagi. Kali ini, aku menggosok dengan tangan, meniup lembut dan ringan mencium saat aku bekerja cara saya sampai kakinya. Saat aku semakin dekat dengan di balik, aku memiliki dia menggerakkan kaki nya terpisah sedikit lebih sehingga saya bisa mencapai bagian atas dari bagian dalam kakinya. Aku melihat sebuah tempat basah kecil di selangkangan celana pendek abu-abunya kapas. Wella € | penisku semakin sulit. Oh, aku menyebutkan bahwa penisku mulai semakin keras saat aku mencium dan menjilati kakinya? Ketika aku ke belakang, aku berlari tangan saya sebagai jauh di belakang bajunya mungkin, tapi mulai dengan cara saya, jadi saya menyarankan agar ia mengangkat itu hanya sedikit. Dia mengambil itu dan bra olahraga-nya dengan itu. Jadi saya terus menggosok, menjilati dan mencium punggungnya, leher dan bahu. Saya berpikir sendiri â € ~ apa-apa dari apa-apa daun nothingâ € ™ jadi aku bergerak di sekitar dekat dengan kepalanya dan mulai menggosok punggung di punggung. Ketika aku sampai celana pendek, aku menguji air. Aku menyelinap jari saya di bawah pita pinggang celana pendek dan celana dalam. Saya sangat menikmati menggosok pantatnya. Ketika saya mencoba untuk menggosok sisi pinggulnya, celana pendek saya berhenti dari melakukan pekerjaan yang baik. Tanpa bertanya, ia mengangkat pinggulnya dan mendorong celana pendek dan celana ke bawah dan menyuruh saya untuk membawa mereka sisa dari jauh. Ketika aku menarik mereka pergi, aku mendongak dan melihat tubuh telanjang di depan saya. Aku couldnâ € ™ t menahan diri.
Aku mulai menggosok dan menjilati dan mencium pantatnya. Aku bisa merasakan panas yang datang dari vagina. Aku menyuruhnya untuk berbalik dan ketika aku melihat vagina botak dan tits telanjang, aku hanya duduk di sana dan menatap. Dan tersenyum. Dan semakin sulit. Saya suka makan pussy € ™ s womanâ. Dan ada dia menawarkan saya miliknya. Dia menyebar kakinya dan menarik lututnya. Aku merangkak di antara kedua kakinya dan mulai melakukan apa yang saya nikmati, menjilati dan mengisap womanâ € ™ s pussy. Dia terasa begitu baik. memeknya terasa panas dan basah dan aku menikmati setiap menitnya. Ann harus telah menikmati ke karena aku bisa mendengar dia mengambil napas dalam-dalam, mengerang, mengangkat pinggulnya dan kemudian dia meletakkan tangannya di belakang kepalaku dan menarik wajahku ke vagina. Dia mulai fucking wajahku dan lidah. Ann mengeluarkan erangan panjang dan mulai gemetar. Aku merasa pus mendapatkan banyak basah dan menyadari bahwa ia telah cum di mulut saya. Aku terus menjilat sampai aku mendapatkan semuanya. Aku menyelinap sampai tubuhnya, mencium perjalanan ke putingnya. Dia menarik saya ke wajahnya dan menciumku keras dan mendalam. Dia mengatakan kepada saya untuk berdiri dan mengambil bajuku. Dia menarik ke bawah celana pendek dan pakaian dalam.

Dia berada di lututnya memandangi penisku, yang langsung keluar keras dan lengket. Dia mengambil penisku ke dalam mulutnya dan mulai bergerak kepalanya ke belakang dan sebagainya. Ann mulai menggosok bola saya dengan satu tangan dan tangan yang lain berada di pantatku menarikku ke wajahnya. mulut basah nya di penisku terasa begitu baik. Saya mengatakan kepadanya bahwa aku wouldnâ € ™ t bertahan lama jika dia terus. Aku bertanya padanya apakah ia ingin penisku di vagina. Ann bersandar ke lantai, menyebar kakinya dan mengulurkan tangannya mengundang saya untuk bergabung dengannya. Melihat wanita telanjang terbaring di sana, menginginkan saya, membuat penisku lebih keras daripada itu. Aku punya antara lututnya dan mulai menggosok kepala dari penisku naik dan turun vagina botak nya. Aku menggosoknya dari atas ke bawah melewati vagina membuka ke pantatnya dan kembali beberapa kali. Ann mengulurkan tangan dan meraih penisku dan berkata â € ~ menempatkan bahwa dick di saya pussyâ € |!. Sekarang â € ™ ****** saya dan vagina menjadi sangat basah, aku meluncur langsung masuk aku couldnâ € ™ t percaya berapa banyak panas yang dalam vagina. Semakin dalam aku pergi, yang panas itu. Aku tahu bahwa aku wouldnâ € ™ t bertahan lama, jadi aku membanting penisku ke dalam dirinya sekeras dan secepat mungkin. bola saya adalah menampar pantatnya. Semuanya bersama-sama, penisku berada di dalam seorang wanita cantik telanjang, vagina menjadi panas, perasaan dan suara bola saya memukul pantatnya dan dia mengerang dan membuat suara kenikmatan, Wella € | itu sampai ke saya. Aku menarik penisku keluar dan menembak beban besar dari air mani yang pergi sampai ke lehernya, buah dadanya, puting, perut dan beberapa on her vagina. Aku mengulurkan tangan dan mulai menggosok cum saya semua di atasnya. Saya digosok itu seluruh, leher puting dan perut. Lalu aku menyelinap ke bawah dan menekan tubuh kita bersama-sama sementara aku menciumnya dalam, keras dan penuh semangat. Setelah kami tertangkap napas kita, kami bangun dan mandi bersama, bergantian mencuci satu sama lain. Kami masuk ke dalam tempat tidur telanjang dan tertidur dengan senyum di wajah kami. Ketika kita terbangun nanti yang morningâ € | baik, Thata € ™ sa cerita yang berbeda.!

Tips dan Trik Berpacaran dalam menjalin Hubungan yang Baru

Pertama Kali Pacaran dalam menjalin hubungan asmara dengan kekasih baru, biasanya penuh trik dan 'permainan' tebak-tebakan. Dalam kondisi ini, pria cenderung tidak pintar menebak keinginan wanita atau pasangannya.

Ketidaksamaan persepsi antar pasangan dapat memicu salah paham dan berpotensi menjadi sumber konflik. Ada baiknya, ketahui 'pedoman' memulai hubungan baru berikut ini demi terciptanya hubungan awet dan minim konflik, seperti dikutip dari Your Tango.

a. Menunjukkan perasaan (public display affection)

Pada setiap orang memiliki level kenyamanan yang berbeda ketika tampil sebagai pasangan di depan umum. Bicarakan batas dan kenyamanan ini. Ungkapkan, mana yang berlebihan dan mana yang tidak.

b. Satu minggu sekali

Buat jadwal satu hari dalam seminggu di mana Anda dan dia menghabiskan waktu berdua saja. Meskipun sama-sama sibuk, komitmen ini sangat penting demi hubungan sehat.

c. Tidak melarang menghabiskan waktu sendiri

Tetaplah bersama sebagai pasangan memang menyenangkan. Tetapi, jangan sampai Anda dan dia saling melarang untuk menghabiskan waktu sendiri. Biarkan dia sesekali menghabiskan waktu dengan teman-temannya, begitu juga Anda. Ini membuat hubungan justru jadi lebih hangat.

d. Jangan terlalu cepat bicara masa depan langsung mengarah ke pernikahan

Selalu membicarakan masa depan yang terkait pernikahan dan anak di awal hubungan bisa membuat pria 'ketakutan'. Kecuali dia yang memulai. Sebaiknya jangan dulu dibicarakan. Nikmati saja dulu tahap penyesuaian di awal hubungan. Seiring mapannya hubungan, rencana masa depan akan datang dengan sendirinya.

e. Berteman dengan teman pasangan

Jangan langsung melakukan penilaian buruk pada teman-teman pasangan. Cobalah kenali dulu mereka. Sangat seru apabila Anda juga bisa akrab dengan teman-temannya.

f. Tetap tenang saat cemburu

Jangan mulai pertengkaran hanya karena ia melirik gadis lain yang berjalan sepintas. Demikian juga, ia tidak boleh marah ketika Anda melirik pria tampan yang sedang lewat. Ini hanya semacam lucu-lucuan yang justru bisa dijadikan permainan.

g. Jangan berasumsi yang macam-macam

Jangan memaksanya untuk menebak keinginan Anda dan mengerti sendiri apa yang seharusnya dilakukan. Misalnya dengan mengatakan, "Tidak masalah jika kita tidak merayakan ulang tahunku." Akan lebih baik Anda terbuka mengungkapkan keinginan, apa yang disukai dan tidak disukai. Mintalah dia juga melakukan hal yang sama. Trik ini bisa meminimalisasi konflik.