Sabtu, 29 Oktober 2011

Kendaraan Pun Berkarakter

Kendaraan Pun Berkarakter


Setiap kendaraan memiliki karakter masing-masing. Kendaraan tersebut dibuat dengan pembawaan karakter yang berbeda mulai dari mesin sampai dengan kenyamanan bagi pengisi kendaraan tersebut. Karakter tersebut muncul akibat dari desain kendaraan yang akan dipabrikasi, namun ada hal lain yang ikut dalam pembentukan karakter kendaraan tersebut, yakni proses pabrikasi dan pengguna kendaraaan tersebut.
Dari ketiga faktor di atas, tetap desain kendaraan yang menentukan sebagian besar karakteristik kendaraan tersebut. Hal ini dikarenakan para pendesain kendaraan mendesain kendaraan pasti memiliki suatu tujuan dan peruntukkan kendaraan tersebut dibuat. Misal kendaraan kompetisi, tidak selalu didesain untuk kecepatan tinggi, tergantung kompetisi apa yang akan dihadapi. Jika kompetisi itu berupa Rock Crawling (Panjat Batu), tidaklah mungkin kendaraan tersebut didesain dengan suspensi yang rendah, berpenggerak dua roda, berkecepatan tinggi, dan sebagainya.
Pabrikasi, penulis masukkan menjadi salah satu faktor penentu karakteristik kendaraan dikarenakan ketika proses pabrikasi berlangsung kesalahan selalu dan pasti terjadi walau sangat minim. Misal pada proses casting (pembentukan) material dilakukan dengan sempurna, belum tentu pada saat perakitan. Atau material tersebut harusnya memiliki permukaan yang halus, karena pada prosesnya terjadi suatu kesalahan yang tidak signifikan, permukaan material tersebut sedikit kasar, yang barang tentu akan menghambat aliran udara, khususnya pada mesin.
Yang terakhir penulis masukkan adalah pengguna kendaraan tersebut. Pengguna dapat memberikan konstribusi dari karakteristik kendaraannya. Pengguna kendaraan pasti menginginkan kendaraan yang sesuai dengan keinginannya, mulai dari setingan mesin sampai dengan kaca spion. Setingan yang pengguna inginkan itu sedikitnya merubah karakteristik kendaraan tersebut, bisa saja dari akselerasi, kenyamanan berkendara dan lain sebagainya. Walaupun demikian, perubahan karakteristik tersebut tidaklah sebesar konstribusi dari desain kendaraan tersebut.
Percayakah anda bahwa setiap kendaraan memiliki karakter masing-masing?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar