Sabtu, 29 Oktober 2011

Knalpot Modifikasi

Knalpot


Memodifikasi knalpot merupakan salah satu pilihan untuk menaikkan performa kendaraan. Dengan melakukan perubahan tersebut diharapkan knalpot dapat menyalurkan gas buang dengan lancar dan menimbulkan efek sedot pada ruang bakar kendaraan sehingga efisiensi volumetrik meningkat.
Di negara ini, memodifikasi knalpot agar menghasilkan performa kendaraan yang diinginkan, sangat diminati oleh kalangan pengguna kendaraan bermotor. Dengan berbagai alasan mereka merubah knalpot standar kendaraan mereka, untuk mendapatkan performa kendaraan yang diinginkan. Namun sayang, mereka tidak peduli dengan efek suara yang ditimbulkan.
Knalpot berfungsi sebagai saluran buang pada mesin kendaraan. Disamping itu, knalpot  memiliki fungsi yang lain yaitu meredam efek suara yang dihasilkan dari perbedaan tekanan gas di dalam ruang bakar dengan tekanan gas di alam bebas. Fungsi peredam inilah yang sering disepelekan oleh para pengguna kendaraan bermotor yang memodifikasi knalpot kendaraannya.
Knalpot didesain oleh pabrikannya berdasarkan karakter kendaraan yang disesuaikan dengan peruntukkannya. Knalpot bawaan pabrik ini, mengeluarkan suara yang telah disesuaikan dengan standar tingkat kebisingan yang telah disepakati bersama. Misalkan untuk negara-negara Eropa, pabrikan kendaraan bermotor harus menyesuaikan tingkat kebisingan suara knalpot kendaraan pabrikannya dengan standar EURO. Demikian pula di negara-negara lain, masing-masing memiliki standar tingkat kebisingan suara knalpot kendaraan di negaranya.
Walaupun demikian perubahan yang dilakukan pada knalpot kendaraan hanya mampu menaikkan daya kendaraan tersebut tidak lebih dari 30% dari daya semula. Selain itu, suara yang dihasilkan menambah polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.
Memang suatu hal kontras ketika knalpot kendaraan yang kapasitas cc besar didesain agar mengeluarkan suara yang halus dan tidak memekakan telinga, malah kendaraan kapasitas cc kecil dirubah knalpotnya agar menghasilkan suara yang memekakan telinga dan dipakai untuk sehari-hari.
Bukan tidak boleh memodif knalpot kendaraan anda, namun ingatlah orang lain yang terganggu dengan suara knalpot kendaraan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar