Sabtu, 29 Oktober 2011

GANTI PISTON

GANTI PISTON

oleh Aniez Cuah Bugies pada 25 Oktober 2011 jam 21:05
Re: [otomotif-l] GANTI PISTON

Baek2 kalo meng-oversize silinder harus diperhatikan ketebalan dinding
silinder dgn water jacket (saluran air pendingin). kalo udah tipis,
oversize gak boleh gede2. Umumnya pabrik tidak merekomendasikan Overbore
lebih dari 100 (1mm). Namun dalam kenyataan bisa aja lebih besar. contohnya
mobil2 Timor yg buat balap kalo pake stroker kit 1600cc piston dioverbore
100 (79mm) sehingga bisa dapet 1640cc). Nah yg 'gendeng' pada di overbore
200 (81mm) dgn crank std. Kalo pake blok timor overbore 200 udah tipis
banget, tinggal nunggu jebolnya aja, sedangkan kalo pake blok mazda masih
aman namun sudah diambang batas (gak bisa di overbore lagi).

So, kalo mau overbore karena memang harus (silinder udah feyang), secukupnya
aja, kalau 0.25mm udah cukup ya segitu aja, dalam kebanyakan kasus terparah
pun, 0.50mm sudah cukup. Dulu saya pake eterna pernah putus timing belt
sampe piston bolong 2 biji, head ancur, silinder feyang, oversize cukup
0.50mm saja, cuma karena 'gatel' dibikin 100 sekalian. Perlu diingat pula
kalo silinder digedein otomatis rasio kompresi (CR) bakal naik pula, emang
sih lebih WOOOZZ, tapi kalo sebelumnya pake Premium dan udah marginal pula
(suka ngelitik) kompresi tambah tinggi malah bikin sengsara kecuali pake
Premix/TT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar