Senin, 26 Desember 2011

Tips Atasi Mesin Brebet Yamaha Jupiter MX 2009 8 Comments

7
SEP
2011
Tips Atasi Mesin Brebet Yamaha Jupiter MX 2009
8 Comments

Jika Anda pemilik Yamaha Jupiter MX yang telah berusia dua tahun atau lebih dan kebetulan mengalami masalah mesin brebet, tak perlu khawatir.

“Jika melihat dari usia motor sekitar dua tahun dengan estimasi jarak tempuh 20 ribu kilometer, kemungkinan awal adalah dari kinerja CDI sudah lemah,” terang Wahyu Bayu Prasetyo, Mekanik dari Arista Depok, bengkel resmi Yamaha yang berlokasi di Margonda, Depok.
            
Untuk mengetahui kemampuan kinerja CDI, ada dua cara. Pertama, mengukur ketahanan kinerja CDI lama. Atau coba diganti dengan CDI lain terlebih dahulu.

Menurut Wahyu, jika penyebabnya bukan karena CDI, maka penyebab brebet yang umum adalah disebabkan pengapian atau penggunaan BBM yang kurang baik. Untuk penyebab pengapian, solusinya tentu dengan mengecek kinerja pengapian. Untuk pengecekan pengapian ringan biaya jasanya antara Rp 15 hingga Rp 20 ribu. Kalau berat biayanya antara Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu.

Jika penyebabnya dari penggunaan BBM yang kurang baik, maka solusinya adalah kuras tangki. Biaya antara Rp 20 sampai Rp 25ribu.

Di luar penyebab umum di atas, ada kemungkinan juga pemasangan mesin setelah servis besar kurang presisi yang menyebabkan kinerja titik mati atas di ruang bakar juga tidak maksimal dan menyebabkan brebet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar